English Day in Smasa

english-day4

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dengan urutan kedua setelah Bahasa Mandarin. Hal ini menunjukkan bahwa Bahasa Inggris sangat mendunia dan akan menjadi sarana komunikasi dan penunjang hubungan di tingkat internasional. Maka penguasaan Bahasa Inggris sangat penting untuk bisa go internasional. Untuk itu, pelajaran Bahasa Inggris menjadi perhatian sebagai bahasa yang harus bisa dikuasai oleh siswa sekolah di tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Manfaat lain dalam penguasaan bahasa Inggris adalah sebaga penunjang untuk mempelajari berbagai ilmu pengetahuan yang sebagian besar ditulis dalam Bahasa Inggris.

english-day3

Pentingnya penguasaan Bahasa Inggris telah dibuktikan dengan gelar diperolehnya gelar sekolah Adiwiyata Nasional oleh SMA Negeri 1 Pasuruan. Lalu, apa hubungannya antara adiwiyata dengan penggunaan Bahasa Inggris? Ternyata kepiawaian siswa-siswi dalam berbahasa Inggris sangat diperlukan untuk menjelaskan segala esuatu yang terkait dengan adiwiyata ketika tim penilai datang. Di samping penilaian lingkungan sekolah, kemampuan berbahasa Inggris juga sangat berperan dalam pencapaian status sekolah Adiwiyata Nasional.

Dalam rangka untuk mempermudah mempelajari penggunaan bahasa Inggris dalam pergaulan sehari-hari di lingkungan sekolah, SMA Negeri 1 Pasuruan mengharuskan seluruh siswa pada hari-hari tertentu diharuskan menggunakan bahasa Inggris yang dikenal dengan istilah English Day, di mana pada hari itu semua siswa diwajibkan untuk berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini benar-benar bermanfaat sebagai bentuk pembelajaran yang dilakukan dengan mempraktekan kemampuan bahasa Inggris siswa dari hal-hal yang sederhana, serta dilakukan berulang-ulang agar siswa mampu menguasai penggunaan bahasa Inggris dengan baik.

Program English Day yang sudah dijalankan di SMAN 1 Pasuruan membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Pada hari Jumat, 6 Nopember 2015, upacara dalam rangka memberi hadiah pada pemenang English Day telah dilaksanakan. Setelah melakukan pembukaan upacara, ada sebuah pidato singkat yang disampaikan oleh Bapak Heru Diana, selaku guru Bahasa Inggris. Acara selanjutnya adalah pengumuman pemenang English Day. Kelas XII MIPA 3 pun dinyatakan sebagai pemenang karena anggota kelasnya aktif berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris pada saat English Day. Selain pemenang, ada juga kategori baru, kategori yang belum ada sebelumnya yaitu predikat kelas yang aktif dalam menggunakan Bahasa Inggris yang diperoleh kelas X MIPA 4. Sementara itu, kelas yang kalah, yang kurang aktif dalam  English Day adalah X IPS 1, X IPS 2, XI MIPA 1, XI MIPA 5, XI IPS 2, dan XII IPS 2. Mereka yang kalah harus mendapat hukuman. Hal ini dilakukan agar siswa-siswi terus termotivasi untuk mau berkomunikasi dengan Bahasa Inggris.

Setelah pemberian hadiah dan hukuman, acara berlanjut dengan penampilan sebuah lagu yang berjudul Price Tag dari Jessie J oleh Deby, Tetri, dan Megatro.Tak mau kalah, kelas XII pun turut menunjukkan kepiawaian mereka dalam berdialog Bahasa Inggris mengenai pendapat mereka tentang English Day.Upacara pun berakhir dengan sebuah lagu berjudul My Love dari West Life yang dinyanyikan bersama.

English Day sangat bermanfaat untuk mendukung proses siswa untuk terus berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan belajar. Terimakasih kepada seluruh guru SMA Negeri 1 Pasuruan yang selalu mendukung dan mendampingi siswa untuk terus berkomunikasi dalam Bahasa Inggris melalui program English Day.

By Yoan Cornelia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *