Event InOMN

Event InOMN ( International Observe The Moon Night )

Sebagai Implementasi Sekolah Rujukan Nasional

 

Bertepatan dengan tanggal 8 Oktober 2016 NASA mencanangkan sebagai hari InOMN ( International Observe The Moon Night ). InOMN merupakan event mengenai aktifitas berhubungan dengan Bulan, mulai dari pengamatan dan belajar seluk beluk Bulan yang diadakan setiap tahun di seluruh dunia dengan NASA sebagai pelopornya.

Dengan ini SMA Negeri 1 Pasuruan sebagai Sekolah Rujukan Nasional bersama team Astronominya berkolaborasi dengan club MAESTRO ( Masyarakat Eksplorator Astronomi Pasuruan ) yang dibentuk pada tanggal 06 Maret 2016 oleh bapak LULUK SUTRISNO, S.Pd. juga sebagai pengajar Fisika SMA Negeri 1 Pasuruan. Ketua MAESTRO, Galuh Purwasih ( alumni SMA Negeri 1 Pasuruan pernah meraih juara 1 OSN kota Pasuruan saat ini sebagai mahasiswi ITS ) juga ikut menyelanggarakan acara InOMN yang bertempat di lapangan Desa Sekar Gadung Kecamatan Purworejo Kotamadya Pasuruan.

luluk-1

Team Astronomi SMA Negeri 1 Pasuruan bersama club MAESTRO mempersiapkan event InOMN dalam rangka melakukan pengamatan Bulan sebagai satelit Bumi tanggal 8 Oktober 2016.

luluk-2

Pengajar Fisika SMA Negeri 1 Pasuruan, Pembina OSN bidang Astronomi, dan pendiri club MAESTRO menjelaskan cara menggunakan teropong dalam mengamati Bulan sebagai objek.

luluk-3

Ketua umum Club MAESTRO Pasuruan menyajikan materi jagad raya dan posisi Bulan di tata surya kita beserta ciri fisika dari Bulan.

Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari daftar hadir, tampak antusias pengunjung yang berasal dari kota Pasuruan, Bangil, Purwosari, Pandaan, Malang.

Yang mengajukan sertifikat InOMN Sejumlah 109 pengunjung peserta pengamatan.

Hasil pengamatan tampak Bulan pada fase quarter pertama.

Mempelajari Bulan sebagai salah satu gerbang untuk mempelajari tata surya bisa lebih luas dari itu serta membangun minat public terhadap bidang Astronomi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *