Smasa Juara Lomba Debat

Pada tahun 2015 ini untuk pertama kalinya Dinas Pendidikan Kota Pasuruan mengadakan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) bagi siswa SMA. Dengan LDBI ini diharapkan mampu memperluas wawasan para siswa SMA agar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, mampu bersaing secara kompetitif, berkomunikasi secara efektif, dan menyampaikan argumentasi di depan publik dengan Bahasa Indonesia yang efektif sehingga pemikiran para siswa SMA mampu dikomunikasikan dengan baik dan diterima masyarakat luas. Selain itu, mereka juga akan memiliki toleransi yang tinggi mengenai perbedaan pendapat.

ldbi4

Tak mau ketinggalan, SMAN 1 Pasuruan mengirimkan timnya yang terdiri dari Deqhy kelas XI, Imanuel kelas XI, dan Cherry kelas X. Di babak penyisihan delegasi SMASA mampu memenangkan pertandingan dengan SMA Salahuddin. Di babak semifinal SMA 1 bertemu dengan SMA 4 yang merupakan lawan yang cukup tangguh, tetapi akhirnya juga mampu membawa poin kemenangan. Dan di babak final SMA 1 akhirnya bisa mengalahkan lawan terakhirnya yaitu SMAK Soegijapranata. Setelah melewati perjuangan yang cukup berat, delegasi SMASA  berhasil mengalahkan  ketiga lawannya dari 9 SMA yang mengikuti LDBI ini dan berhasil menyabet juara 1 di LDBI tingkat kota dan mewakili kota untuk bertempur lagi di LDBI tingkat provinsi Jawa Timur.

ldbi5

LDBI tingkat Provinsi Jawa Timur ini diadakan di Hotel Victory, Kota Batu. Delegasi SMASA juga sukses menyabet kemenangan telak dari 3 perdebatan di babak pra-eliminasi. Delegasi SMASA mampu mengalahkan Kab. Probolinggo, Kota Kediri, dan dengan skor kemenangn 3-0 untuk masing-masing pertandingan. Delegasi SMASA juga berhasil menduduki peringkat sementara di nomer 3. Di babak perdelapan final delegasi SMASA bertemu dengan tuan rumah yakni Kota Batu. Delegasi SMASA juga mampu membabat habis kota Batu dengan skor 3-0 dan melaju ke babak perempat final. Di babak perempat final ini keberuntungan sepertinya tidak berpihak ke delegasi SMASA. Delegasi SMASA mengalami kekalahan tipis yakni 3-2 dari Kab. Jember. Setelah melewati perjuangan yang panjang dan berat akhirnya delegasi SMASA sampai di titik ini untuk kompetisis LDBI di tahun 2015. Semoga delegasi terpilih SMASA di tahun 2016 mampu untuk meraih prestasi yang lebih membanggakan lagi.  Salah satu delegasi SMASA yakni Deqhy Rhoma Sitorus juga mendapatkan penghargaan sebagai salah satu Pembicara terbaik dari 10 Pembicara Terbaik di tingkat Provinsi.

Kemenangan delegasi SMASA ini juga tidak lepas dari karunia Tuhan YME dan dukungan orang tua. Terlebih lagi support dan bimbingan dari Pembina LDBI yaitu Bu Dian Ariani. Terimakasih Bu Dian atas segala bimbingannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *