Layanan Orientasi Siswa

MOS

Masa Orientasi Siswa atau yang biasa disingkat dengan MOS yang kini telah berganti menjadi Layanan Orientasi Siswa (LOS) merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan setiap sekolah menengah pertama, sekolah menengah ke atas dan setingkatnya. Begitu juga dengan SMAN 1 PASURUAN, dalam tahun ajaran 2015-2016, SMASA bertekad untuk memberikan layanan yang terbaik kepada para siswa baru. LOS sendiri merupakan kegiatan yang diadakan untuk memfasilitasi siswa baru untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah yang baru bagi mereka.  Berbeda dengan MOS yang identik dengan kegiatan bullying, LOS bertujuan untuk memberikan kesan yang positif terhadap siswa tentang lingkungan SMAN 1 PASURUAN.

Bentuk kegiatan dalam LOS mengarah kepada pengenalan sekolah serta lingkungannya. Termasuk juga pada warga sekolah. Siswa baru dituntut untuk dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan di SMASA untuk mendukung proses belajar mengajar berikutnya. Ini bertujuan untuk memberikan gambaran pada siswa tentang bagaimana kegiatan belajar mengajar di smasa berlangsung, jadi siswa tidak terlalu terkejut dan mudah untuk membiasakan diri. Dengan mengenal lingkungan SMASA, maka siswa akan merasa lebih nyaman di sekolahnya layaknya rumah kedua.

LOS015

Dengan mengusung tema “Berbasis kasih sayang dan berkarakter bangsa”, LOS yang sebagian merupakan momok yang menakutkan bagi para siswa baru dikemas dalam bentuk menyenangkan yang tetap berlandaskan pada kedisiplinan dan pendidikan karakter kebangsaan oleh SMASA.Dalam kegiatan LOS SMASA, berikut beberapa kegiatan – kegiatan yang kami lakukan :

  1. Pengenalan sekolah beserta dengan peraturan – peraturan yang memang berlaku di SMAN 1 PASURUAN.
  2. Pemberian materi – materi yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Materi – materi yang kami sajikan adalah materi tentang Wawasan Wiyata Mandala dan Cara Belajar diSMA Negeri 1 Pasuruan, materi Penanggulangan NAPZA dan Tertib Lalu Lintas, materi Karakter Peduli dan Berbudaya Lingkungan, materi Ekstrakulikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan dan Pendidikan Karakter Bangsa, materi Kesehatan Reproduksi Remaja dan Pergaulan Bebas, serta materi tentang organisasi yang diberikan oleh OSIS dan MPK SMAN 1 PASURUAN.
  3. Pemberian tugas – tugas yang mengasah kemampuan manajerial siswa, diantaranya seperti pembagian waktu dalam mengerjakan tugas, mengumpulkan sesuai deadline yang ditentukan, dan kegiatan
  4. Pendekatan diri antara sesame warga sekolah dengan mengadakan pentas seni kecil dimana semua pengisi acaranya merupakan peserta LOS sendiri. Ini dilakukan untuk mengasah rasa kepercayaan diri siswa dan mengapresiasikan segala bentuk bakat yang dimiliki oleh siswa

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, para peserta LOS yang merupakan siswa baru SMAN 1 PASURUAN dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah, membentuksiswa yang berkarakterkan 5S (Senyum, salam, sapa, sopandansantun), menambah wawasan siswa terhadap banyak hal yang bermanfaat, dll. Berikutnya, SMAN 1 PASURUAN berkomitmen untuk melanjutkan pelayanan ini kepada siswa baru pada tahun tahun selanjutnya. Karena memberikan pelayanan yang terbaik adalah tujuan bagi SMASA untuk para siswanya.

 

Kontributor : Izzah Riastiti C.