Palang Merah Remaja (PMR)

pmr_3

Palang Merah Remaja adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang berjalan di bidang kesehatan dan sosial. Seperti sekolah lain pada umumnya, SMAN 1 Pasuruan pun memiliki ekstrakurikuler Palang Merah Remaja, yang berikutnya bisa disebut dengan PMR. Ekstrakurikuler PMR SMAN 1 Pasuruan masih dalam tahap pengembangan. PMR SMAN 1 Pasuruan sempat vakum beberapa tahun yang lalu, dan kembali aktif pada tahun pelajaran 2013-2014, dan terus aktif sampai sekarang.

Tujuan ekstrakurikuler ini tentu saja untuk memperbaiki standar kesehatan siswa-siswi SMAN 1 Pasuruan, dengan misi meningkatkan kedisplinan dan kesadaran akan kesehatan para siswa. Program kerjanya masih terfokus pada promosi organisasi dan pengadaan alat-alat, sedangkan kegiatan rutinnya adalah pembekalan teori dan teknik-teknik praktek seminggu sekali, dengan bimbingan dari salah satu pengurus PMI Kota Pasuruan.
Kegiatan yang baru-baru ini diikuti oleh ektrakurikuler PMR SMAN 1 Pasuruan adalah peringatan HUT PMI ke-70 yang diadakan oleh PMI Kota Pasuruan. Acara tersebut diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada hari Sabtu-Minggu tanggal 19-20 September 2015, dan bertempat di Hutan Kota Kelurahan Pekuncen, Jalan dr. Wahidin Sudirohusodo No. 03 Kota Pasuruan.
Adapun kegiatan yang dilakukan dalam peringatan HUT PMI ke-70 tersebut di antaranya yaitu upacara HUT PMI ke-70, latihan gabungan PMR tingkat madya dan wira, dinamika kelompok, serta uji terampil. Untuk uji terampil PMR itu sendiri terdiri dari tiga kategori, yaitu uji terampil Pertolongan Pertama (PP), Donor Darah Sukarela (Doras), dan Kepalangmerahan. Kontingen PMR SMAN 1 Pasuruan yang beranggotakan 17 orang, terdiri dari siswa kelas X, XI, dan XII, berhasil menyabet juara di dua kategori uji terampil. Yang pertama yaitu juara 1 uji terampil Pertolongan Pertama (PP), serta juara 2 uji terampil Donor Darah Sukarela (Doras). Sedangkan untuk kategori Kepalangmerahan, kontingen PMR SMAN 1 Pasuruan berhasil meraih peringkat keempat.
Pencapaian PMR SMAN 1 Pasuruan tersebut, mengingat bahwa ekstrakurikuler ini masih berada dalam tahap pengembangan, menunjukkan bahwa PMR SMAN 1 Pasuruan memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan bibit-bibit yang dimilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *