PASKIBRAKA 2016

 

img-20161004-wa0008

PASKIBRAKA adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang mempunyai tugas untuk mengibarkan dan menurunkan bendera Merah Putih Pusaka. PASKIBRAKA sering dipandang sepele oleh orang-orang yang tidak punya rasa Nasionalisme tinggi. Apa sih kebanggan menjadi PASKIBRAKA? . Kebanggan menjadi PASKIBRAKA adalah dapat mengibarkan dan menurunkan bendera Merah Putih Pusaka secara langsung dan bertatap muka dengan Bpk. Walikota dan wakilnya. Apakah ada keseruan dalam kegiatan PASKIBRAKA?. Tentu saja ada, PASKIBRAKA adalah tempat yang tepat untuk membentuk pribadi orang menjadi lebih baik dan membangun rasa kedisiplinan dan kekompakan dalam suatu organisasi, kegiatan PASKIBRAKA juga dapat mempererat tali persaudaraan antar anggota karena sering melakukan hal-hal bersama-sama.

 

img-20161004-wa0007

Para anggota PASKIBRAKA PASURUAN tahun 2016 melalui berbagai proses menuju keberhasilannya untuk mengibarkan dan menurunkan bendera Merah Putih Pusaka , antara lain:

  1. Seleksi di Sekolah
    Pada saat MPLS hari pertama, petugas dari DISPORABUD datang ke sekolah untuk menyeleksi calon anggota PASKIBRAKA Pasuruan tahun 2016. Dalam seleksi itu di adakan seleksi baris-berbaris dasar. Setelah seleksi , terpilih sembilan anak dari kelas X dan delapan kelas Xl untuk mewakili SMAN1.
  1. Seleksi di Lapangan GOR(Gelanggang Olahraga)
    Seleksi tidak hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga di GOR(Gelanggang Olahraga) Kota Pasuruan. Para siswa yang terpilih untuk mewakili sekolahnya masing-masing telah berkumpul di lapangan GOR. Saat para pelatih dari DISPORABUD dan Lembaga Kepolisian datang, seleksi PASKIBRAKA dimulai. Sebelum dimulai para siswa mendapat nomor dada supaya para pelatih dapat menilai dan menyeleksi ratusan siswa yang terpilih dari sekolahnya masing-masing. Proses seleksi dilakukan selama dua hari.
  1. Pengumuman
    Tiga hari setelah seleksi dilakukan, akhirnya diumumkan siapa saja yang terpilih menjadi PASKIBRAKA untuk mewakili Kota Pasuruan. Terdapat tujuh siswa SMAN 1 Pasuruan yang terpilih untuk mewakili SMAN 1 Pasuruan sebagai PASKIBRAKA Kota Pasuruan tahun 2016. Enam siswa dan kelas X dan satu anak dan kelas Xl.
  1. Latihan
    Hari demi hari kita lalui bersama. Latihan selalu diawali dengan jogging dan senam. Setelah pemanasan, dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris. Pak Ludi telah menentukan siswa yang akan ditempatkan di pasukan 17, pasukan 8 atupun pasukan 45.
  1. Tantingan
    Tantingan adalah kegiatan dimana akan dibentuk Desa Bahagia dan dipilih Pak Lurah dan Bu Lurah. Mereka ibarat sebagal ketua dan wakilnya yang akan mengatur dalam suatu kelompok. Pada hari itu , para calon anggota PASKIBRAKA mendapatkan seragam latihan dan sepatu latihan. Esoknya kita mendapat seragam PDU (Pakaian Dasar Upacara) dan sepatu fantovel.
  1. Pengukuhan
    Pengukuhan adalah kegiatan dimana para calon anggota PASKIBRAKA Pasuruan tahun 2016 akan dikukuhkan atau diresmikan. Kegiatan pengukuhan ini harus dilakukan dengan hikmat dan sakral karena berhubungan langsung dengan Tuhan Yang Maha Esa, serta penyerahan bendera merah putih pusaka yang telah disimpan selama bertahun-tahun dan hanya dikeluarkan dari tempat penyimpanan apabila akan dilaksanakan upacara untuk memperingati hari besar, seperti Kemerdekaan Indonesia tangal 17 Agustus. Setelah acara pengukuhan selesai, para calon anggota PASKIBRAKA telah diresmikan menjadi anggota PASKIBRAKA Kota Pasuruan tahun 2016 yang bertugas mengibarkan bendera merah putih pusaka pada tanggal 17 Agustus 2016 nanti dan hari besar lainnya.
  1. Karantina
    Karantina adalah kegiatan dimana para anggota PASKIBRAKA Pasuruan akan ditempatkan di suatu hotel yang berada di Pasuruan,yaitu Hotel NASIONAL. Karantina ini dilaksanakan selama tiga hari dua malam. “Apa saja yang dilakukan selama karantina? Banyak kegiatan yang dilakukan selama karantina, misalnya makan malam, senam bersama, latihan, bermain,bercanda gurau, dan masih banyak lagi. Dalam kegiatan karantina inilah ikatan persaudaraan antara masing-masing anggota PASKIBRAKA semakin erat layaknya seperti keluarga, sehingga tidak ada kata bosan.
  1. Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih Pusaka
    Pagi-pagi sekali, para anggota PASKIBRAKA sudah bangun karena harus bersiap-siap pergi ke GOR untuk menjalankan tugas negara “Mengibarkan Bendera Merah Putih Pusaka”. Setelah mandi dan sholat, para anggota PASKIBRAKA wanita bergegas pergi menuju perias untuk dirias dan anggota PASKIBRAKA pria mempersiapkan seragam PDU yang akan dikenakan. Setelah semua anggota PASKIBRAKA siap, kita langsung menuju ke lapangan GOR dengan perasaan gugup. Sesampainya di sana kita dipersilahkan untuk makan pagi terlebih dahulu dan meminum vitamin supaya saat pengibaran para anggota PASKIBRAKA dalam keadaan sehat dan prima. Waktu telah menunjukkan pukul 10.00 WIB. Para anggota PAKIBRAKA, komandan, dan para pengawal bendera Merah Putih Pusaka bersiap menjalankan tugasnya masing-masing sesuai tugasnya.

slide1

Prosesi pengambilan bendera Merah Putih dan pengibaran bendera Merah Putih Pusaka dapat dijalani dengan lancar dan hikmat. Setelah pengibaran bendera selesai, para anggota PASKIBRAKA bercucunan air mata sebagai ucapan nasa syukur yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, saling berpelukan, dan saling mengucap syukur. Para pelatihpun ikut terharu atas berhasilnya para anggota PASKIBRAKA Kota Pasuruan tahun 2016 untuk mengibarkan bendera Merah Putih Pusaka. Setelah itu,para anggota PASKIBRAKA diberi kesempatan untuk temu kangen dan berfoto-foto dengan keluarga dan teman-teman masing-masing yang tidak dapat bertemu selarna dua hari.

Setelah itu, para anggota PASKIBRAKA kembali ke hotel untuk beristirahat karena pada sore harinya akan melaksanakan kegiatan penurunan bendera Merah Putih. Kita diberi waktu untuk beristirahat, sholat, mandi, dan makan. Setelah itu,kita berangkat kembali menuju lapangan GOR untuk menurunkan bendera Merah Putih Pusaka. Proses penurunan bendera Merah Putih juga dapat dijalani dengan lancar dan hikmat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *