Pasuruan Pesona Festival (PPF)

Pasuruan Pesona Festival (PPF) 2015

 ppf6

Fashion On The Street dalam Pasuruan Pesona Festival (PPF) 2015. Kali ini, agenda istimewa Hari Jadi Kota ke-329 Kota Pasuruan yang paling di tunggu itu, kembali didominasi oleh penampilan istimewa kalangan pelajar. Mulai tingkat sekolah dasar hingga sekolah lanjutan. Adapula perwakilan SKPD di lingkungan Pemkot Pasuruan. Tahun ini Pesona Pasuruan Festival yang digelar oleh Pemkot Pasuruan melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Budaya (Disporabud) ini merupakan event yang keempat. Ribuan masyarakat Kota Pasuruan dan sekitarnya kembali antusias menyaksikan setiap bagian Fashion On The Street yang ditampilkan peserta.

Tak ketinggalan siswa-siswi SMA Negeri 1 Pasuruan turut memeriahkan acara tersebut dengan mengeluarkan berbagai macam rancangan kostumnya. Dengan deskripsi sebagai berikut:

  • TemaKostum

Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki budaya yang beraneka ragam, dimana masing-masing budaya memiliki ciri khas yang luhur dan menakjubkan. Hal inilah yang membuat bangsa Indonesia bangga akan budaya yang dimilikinya dan patut untuk dilestarikan. Inilah yang menjadi pertimbangan siswa-siswi SMA N 1 Pasuruan mengangkat tema “Wonderful Of Indonesia” yang berarti keindahan Indonesia yang menakjubkan dalam ajang Pasuruan Pesona Festival (PPF) 2015.

Terdapat 4 jenis kostum yang menggambarkan sebagian kecil budaya Indonesia yang sangat beragam. Yaitu, Majapahit, Bali, Reog, dan Papua yang memiliki keunikan dan keluhuran tersendiri dalam nilai budaya Indonesia.

Diangkatnya tema ini diharapkan mampu memberikan wawasan lebih terhadap warga Pasuruan sehingga dapat tumbuh rasa memiliki dan rasa bangga terhadap berbagai budaya Indonesia pada umumnya dan budaya daerah Pasuruan pada khususnya serta muncul semangat melestarikan budaya Indonesia yang luhur dan agung.

ppf7

 

ppf5

  • Deskripsi Kostum
  1. Majapahit

Desain kostum dengan bahan dasar karung goni dibalut dengan keanggunan batik Indonesia yang khas menimbulkan kesan gagah bagai pejuang bangsa yang berani. Kostum ini menyematkan maksud agar masyarakat Pasuruan mampu menjadi pribadi yang tangguh dan berani menghadapi tantangan.(Desain oleh Ken Ratih M)

  1. Bali

Kostum dengan balutan kain prada berwarna merah dan hijau yang juga berbahan dasar karung goni disertai sarung hitam putih motif khas bali dengan kipas emas yang menggambarkan kesan glamor didesain sedemikian rupa menggambarkan wanita Indonesia yang eksotik, menggoda, namun tetap terlihat anggun dan menawan. Kostum ini menyematkan maksud agar masyarakat Kota Pasuruan mampu menjadi masyarkat yang anggun dan menawan namun tetap menunjukkan sikap yang rendah diri.(Desain oleh Ken Ratih M)

  1. Reog

Kostum dengan konsep Reog Ponorogo memiliki motif bulu merak berwarna hijau yang begitu mencolok, di bagian belakang kostum terlihat begitu indah dan membentang lebar terkesan begitu glamor dan mewah dengan hiasan mahkota penuh wibawa sehingga diharapkan warga Kota Pasuruan memiliki kepribadian yang berwibawa, santun, dan menjunjung tinggi tata krama.(Desain oleh Ken Ratih M)

  1. Papua

Kostum dengan temaetnis Papua yang didesain dengan balutan karung goni didesain sedemikian indah dengan hiasan pernak pernik yang meriah serta tambahan topeng khas Papua menyiratkan kesanceria, penuh kegembiraan namun tetap tegas dan penuh pendirian. Dengan begitu diharapkan masyarakat kota Pasuruan memiliki pribadi yang ceria, penuh suka cita namun tetap tegas dalam menentukan pilihan serta dalam menyelesaikan masalah yang ada. (Desain oleh Ken Ratih M)

Tim SMAN 1 Pasuruan yang turut serta dalam kegiatan PPF 2015 tersebut mengaku, telah melakukan persiapan cukup lama. Bahkan lebih dari sebulan. Demi menampilkan kreasi terbaik untuk memberikan hiburan yang paling istimewa. Meskipun mereka belum bisa mendapatkan gelar juara pada Festival tersebut, mereka tetap bangga karena bisa membuat kreasi yang luar biasa dan mempesona