Pembelajaran Daring akibat dampak Covid-19

Saat ini kita semua tahu bahwa bangsa kita sedang mengalami musibah dengan adanya wabah covid-19 atau yang kita kenal dengan nama virus corona. Hal tersebut tentunya memiliki dampak yang sangat kuat bagi seluruh aspek di Indonesia. Tak terkecuali untuk dunia pendidikan. Dengan adanya covid-19 membuat pendidikan di Indonesia mengalami kelumpuhan. Siswa dan guru tidak bisa menjalani kegiatan belajar mengajar seperti biasanya di sekolah. Seluruh masyarakat dihimbau untuk menjaga jarak untuk mencegah penyebaran virus corona. Sehingga hal tersebut membuat siswa atau para pelajar diharuskan untuk belajar di rumah. Tak hanya itu saja, seluruh warga sekolah juga diharuskan untuk bekerja di rumah.

Tanggapan pemerintah terhadap covid -19 untuk meniadakan aktivitas pembelajaran di sekolah di ganti dengan sistem daring atau pembelajaran melalui online agar mencegah penularan covid -19. Bahkan ujian akhir sekolah yang sudah terjadwal akhirnya diputuskan untuk ditiadakan, demi menyelamatkan para siswa dari penyebaran civid-19. Hal tersebut juga berlaku di SMAN 1 Pasuruan. Pembelajaran sistem daring di SMAN 1 Pasuruan menggunakan beberapa fitur belajar online, diantaranya Google Classroom, Zoom, Quipper, dan Whatsapp. Dengan diadakannya sistem daring, guru memberikan siswa aktifitas merangsang otak sehingga apabila kembali ke aktifitas semula siswa sudah siap untuk memulai kembali pembelajaran. Guru juga memberikan penjelasan tentang virus covid-19 terlebih dahulu karena virus ini sangat berbahaya. Memulai dari memberikan pengertian kenapa harus belajar di rumah tentang cara pencegahan agar siswa mengerti bahaya covid-19 yang sedang merambah dunia. Dengan guru memberikan pengajaran tentang Covid-19 dapat mengurangi penyebaran virus dan mengurangi dampak penularan virus Covid-19 di Indonesia.

Semoga dengan adanya pembelajaran sistem online atau daring ini pendidikan Indonesia dapat berlanjut. Siswa dapat belajar dengan tenang di rumah dan guru dapat memberikan materi pembelajaran dengan baik. Sehingga permasalahan tentang virus Covid-19 di Indonesia dapat segera terselesaikan dan kita semua warga SMAN 1 Pasuruan selalu diberikan kesehatan. Aammiinn aammiinn Ya Robbal Alamiin…