Pentas Tunggal TEATER SIMPANG

PENTAS TUNGGAL PRODUKSI KE-2

TEATER SIMPANG SMAN 1 Pasuruan

teater1

Pentas Tunggal Produksi ke-2 dari Teater Simpang yang diadakan bulan November tahun 2015 ini mengangkat tema “Ide2 0log—log1 Pancasila” dengan menampilkan 5 naskah sekaligus dalam 1 pementasan. 5 naskah yang diangkat merupakan penerapan dari sila 1-5 dimasa sekarang.

Naskah yang pertama dan berkaitan dengan sila 1 yaitu, ‘Sebuah Pesan Dari Setan’. Naskah ini menceritakan seorang laki-laki yang merasa bingung dengan banyaknya Tuhan yang disembah di negeri ini.

Naskah kedua, berjudul ‘Salim Kancil’ yang menceritakan tentang perjuanngan Salim Kancil yang sangat berani untuk menegakkan keadilan melawan para penambang pasir illegal dan aparat desa yang curang didesanya, Lumajang.

teater2

Naskah ketiga yaitu ‘Nang manang batis kutung’. Naskah ini menceritakan tentang pelajar yang berada dipelosok negeri ini yang harus pergi berjalan kaki cukup jauh ke sekolah dengan cuaca yang berkabut asap  karena kebakaran hutan yang tak kunjung berhenti. Dan ternyata mereka ini tidak tahu bahwa mereka adalah warga Indonesia.

Naskah keempat adalah ‘Koma’. Naskah ini merupakan penggambaran dari keadaan politik di Indonesia yang semakin lama akan semakin menghilangkan garudanya dan tidak berujung kelanjutannya, sehingga disebut koma.

Naskah kelima yaitu ‘K. Naskah ini menceritakan ketidak adilan di negeri ini. Dimana rakyat kecil sangat susah untuk mendapatkan haknya dan sangat mudah untuk dijebuskan ke dalam jeruji besi. Sedangkan pejabat tinggi dan orang terpandang sangat mudah mendapatkan haknya bahkan hak orang lain yang bukan miliknya dan sangat mudah pula untuk menghindari kesalahannya dengan harta dan jabatan yang mereka punya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *