Penyusunan Action Plan Menuju Sekolah Rujukan

Selain ditunjuk menjadi Induk Kluster implementasi kurikulum 2013, SMAN 1 Pasuruan juga ditunjuk menjadi salah satu dari Sekolah Rujukan Nasional yang ada di Jawa Timur oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 2016 ini. Hal ini merupakan tantangan baru bagi SMAN 1 PasuruAN, dan diharapkan keterlaksanaan program tersebut berjalan baik.

dsc03705

 

Tindak lanjut sosialisasi dan pembentukan panitia perumus sekolah rujukan, Tim yang di pimpin oleh Ibu Hesty Sugiharti, S.Pd  langsung melakukan aksi marathon dengan rapat kerja penyusunan action plan. Berupa bentuk nyata yang akan dilaksanakan dalam pengembangan dan pelaksanaan program yang telah disusun. Bidikan program Sekolah Rujukan antara lain:

  1. Pengembangan Standard Nasional Pendidikan
  2. Pengembangan Profil Sekolah
  3. Penumbuhan budi pekerti yang didalamnya teerdapat pengembangan kewirausahaan, pengembangan budaya literasi sekolah, peningkatan mutu sekolah rujukan yaitu muatan lokal
  4. Peningkatan prestasi siswa lewat Olimpiade Sekolah Nasional

 

dsc03696

 

Dengan Program yang baik dan terarah maka kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan terarah pula, Suatu kegiatan akan dapat dilaksanakan dengan baik dan mencapai sasaran jika sebelumnya dilakukan suatu perencanaan yang matang.

Action plan di susun berdasarkan keadaan dilingkungan sekolah berupa potensi-potensi yang dimiliki, kekurangan, peluang-peluang yang ada dan hambatan dari luar yang ada.

Mudah-mudahan program sekolah rujukan di SMA Negeri 1 Pasuruan bisa berjalan dengan sukses dan lancar. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *