REPALA (Remaja Pecinta Alam)

REPALA di SMAN 1 Pasuruan berdiri sejak 5 November 1987. Tidak ada istilah alumni dalam Repala karena apabila sudah menjadi Anggota Tetap maka selamanya akan menjadi anggota Repala. Ada 4 keanggotaan di Repala yaitu AM (Anggota Muda), AT (Anggota Tetap), ALB (Anggota Luar Biasa), dan Anggota Kehormatan. Dapat di jelaskan bahwa :

  • Angota Muda adalah pelajar SMA Negeri 1 Pasuruan yang mengajukan permintaan menjadi anggota secara tertulis atau mengisi formulir pendaftaran yang telah dikabulkan oleh pengurus yang berwenang, menempuh proses pembelajarab dasar dalam Repala secara rutin dalam waktu yang telah di tentukan pengurus.
  • Anggota Tetap adalah anggota muda yang telah menyelesaikan proses pembelajaran dasar organisasi yang dirumuskan secara sistematis dalam proses diklat ruang/ diklat SAR, telah mengucap janji repala, mendapatka Scraf Repala, Nomer Induk Anggota, dan dinyatakan lulus Diklatsar Repala Smansapas. Sampai tahun 2015 Repala sudah mencapai 22 angkatan.
  • Anggota Luar Biasa adalah Anggota tetap yang telah lulus dari SMAN 1 Pasuruan.
  • Anggota Kehormatan adalah orang diluar organisasi repala yang berjasa besar terhadap Repala yang di musyawarahkan dalam RULB (Rapat Umum Anggota Luar Biasa) dan disahkan oleh ketua umum.

Program kerja yang ada di Repala terdiri dari bersih sungai, reboisasi, ekspedisi, bakti sosial, latian gabungan, bersih gunung, funcamp, disnatalis, diklat SAR, caving, dan Rapat Anggota Tahunan. Pada Februari tahun 2015 di Program Kerja Repala yaitu RAT (Rapat Anggota Tahunan Repala telah dinyatakan mempunyai AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga) yang berisikan Aturan-aturan yang harus di taati oleh seluruh Anggota Repala.

Salah satu contoh kegiatan REPALA  yaitu Bakti Sosial yang dilaksanakan di sekitar sekolah pada saat Bulan Ramadhan (Juli 2015) dengan membagikan Takjil Kepada Tukang becak, maupun pengendara di Jalan.

repala1