SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

 

gedung smasa baru

Assalamu’ alaikum Wr.Wb

SMASA: “Small is Beautiful”

SMA Negei 1 Pasuruan yang lebih dikenal dengan sebutan singkat SMASA telah menapaki rangkaian waktu sehingga ia tetap mampu mewujudkan dirinya sebagai the best school di kota Pasuruan. Citra seperti ini bukanlah buatan warga sekolah akan tetapi masyarakatlah yang member citra positif tersebut karena mereka tahu betapa sekolah ini mampu menciptakan kultur yang baik dan menghantarkan para siswanya ke Perguruan Tinggi prestisius atau dunia kerja dengan ketrampilan yang cukup kompetitif

Hal ini menunjukkan bahwa SMASA memang benar-benar peduli dalam mencetak para siswa yang berkualitas dengan karakter yang mengacu pada keunggulan komparatif. Makanya, pastaslah sekolah ini selalu menjadi rujukan para siswa lulusan SLTP/MTs untuk berlomba-lomba mendaftar dengan nilai rata-rata yang sangat memuaskan di sekolah mereka. Iklim komperisi seperti ini sudah lama diciptakan masyarakat karena mereka semakin sadar untuk menyekolahkan putra dan putrinya di lembaga pendidikan yang representative dan berkualitas.

Citra positif ini menjadi inspirasi semua personil sekolah untuk selalu menjadi yang terbaik dalam mendidik semua siswa. Kinerja tersebut selalu dilakukan dengan tiada rasa putus asa karena mereka yakin bahwa perubahan itu harus diciptakan seperti kata-kata seorang motivator dunia “if you want to change the world, change your self”.(Jika anda ingin mengubah dunia, ubahlah diri anda terlebih dahulu). Dasar pemikiran diatas selalu menjadi pernyataan misi tugas untuk selalu menggapai ruh pendidikan yang holistic.

Kiprah ini sekarang berlanjut dengan tercapainya SMASA sebagai sekolah Adiwiyata Nasional dan Sekolah Model. Capaian ini menunjukkan betapa SMASA menjadi ikon perubahan meskipun lokasinya yang bising dan arealnya yang sangat kecil. Lokasi kecil bukanlah suatu halangan untuk mewujudkan keberhasilan puncak. Untuk itu, tidaklah berlebihan jika SMASA menyandang motto: “Small is Beautiful”. Semoga apa yang kita raih saat ini merupakan stimulus bagi seluruh warga sekolah untuk selalu meningkatkan kinerja mereka dengan segala reativitas dan inovasi dengan bercermin pada ungkapan bijak “Setiap perbuatan adalah ibadah”. Semoga kita mampu meraih prestasi dan memberikan yang terbaik untuk sekolah sendiri, masyarakat dan pemerintah kota Pasuruan. Aamiinyarabbal-‘aalamiin.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Drs. Basyoir