Screening Kesehatan

slide-1

SMA Negeri 1 Pasuruan sebagai sekolah rujukan memiliki banyak program, salah satunya adalah program screening kesehatan bagi siswa-siswi SMA Negeri 1 Pasuruan. Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan siswa. Hal ini dilakukan karena kesehatan memberikan pengaruh besar terhadap kegiatan belajar para siswa. Dengan dilaksanakannya program ini, diharapkan siswa-siswi SMA Negeri 1 Pasuruan mampu mengikuti kegiatan belajar secara maksimal.

Program Screening Kesehatan Sekolah dilaksanakan pada tanggal 27-28 September 2016, tepatnya pada pukul 08.00-12.00 WIB. Tes kesehatan yang dilaksanakan di antaranya adalah tes kesehatan mata, kesehatan telinga, kesehatan kulit, gigi, dan rambut. Misalnya, tes kesehatan mata dilakukan untuk mengetahui apakah siswa tersebut menderita buta warna, rabun, katarak, ataupun penyakit lainnya. Tes kesehatan kulit dilakukan dengan mengecek apakah ada bintik-bintik merah pada kulit. Begitupun tes kesehatan pada anggota tubuh yang lain.

slide-2

            Hasil yang diperoleh dari screening kesehatan sekolah ini mengatakan bahwa siswa-siswi SMA Negeri 1 Pasuruan tidak menderita penyakit yang serius, namun kebanyakan bermasalah pada kesehatan gigi. Seperti gigi berlubang dan adanya karang gigi.

Tindakan selanjutnya yang diambil pihak sekolah terhadap siswa-siswi yang bermasalah kesehatannya, yaitu melakukan rujukan ke Puskesmas Kebonsari yang letaknya tidak jauh dari sekolah, dengan membawa surat rujukan yang diberikan oleh dokter pemeriksa pada screening kesehatan.

Dari program sekolah rujukan ini, diharapkan siswa-siswi SMA Negeri 1 Pasuruan lebih memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *