Simulasi AKM Guru

Saat Siswa SMA menjalani Gladi Bersih UNBK , semua Guru SMA juga wajib mengikuti Simulasi AKM. (Asesmen Kompetensi Minimal ). Tidak ketinggalan Bapak Ibu Guru SMA Negeri 1 Pasuruan juga bersemangat dalam mengikuti Simulasi AKM tersebut

Untuk apa sebenarnya Simulasi Asesmen Kompetensi Minimal bagi guru? Apa manfaatnya ? dan apa pengaruhnya bagi jenjang karir guru? Benarkah AKM guru adalah Uji Kompetensi Guru?

Dengan mengikuti simulasi Asesmen Kompetensi Minimal maka para guru akan mengetahui kriteria dan bentuk soal AKM sehingga para guru  akan mengetahui cara dan metode yang tepat dalam proses mengajar dalam rangka  mempersiapkan siswa untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam program AKM.

Selain itu, dengan mengikuti simulasi AKM sebenarnya juga  akan membantu guru dalam mendiagnosis kemampuan siswa pada topik-topik substansial yang menjadi prioritas untuk diajarkan oleh para guru, landasan memulainya dan cara yang tepat untuk mengimplementasikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.

Pemetaan pendidikan di Indonesia tetap harus dilakukan agar percepatan pembangunan sektor pendidikan mengalami percepatan dari tahun ke tahun. Guru adalah garda terdepan dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Sekecil apapun perubahan pendidikan maka guru harus mengetahuinya.

Simulasi Asesmen Kompetensi Minimal bagi guru merupakan sebuah refleksi diri bagi semua guru bahwa cara dan metode yang selama ini mereka gunakan belum berjalan maksimal sehingga pencapaian hasilnya juga belum maksimal. Simulasi AKM bagi guru bukan bertujuan untuk menguji kemampuan guru dalam menguasai kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian ataupun kompetensi sosialnya.

Simulasi AKM bagi guru juga akan berpengaruh bagi peningkatan kompetensi guru sehingga guru akan segera berbenah dalam mengikuti perkembangan pendidikan yang lebih maju dan lebih baik

Semoga guru-guru SMASA selalu sukses dalam mengikuti pembelajaran aktif dan kreatif sehingga menghasilkan generasi yang kompetitif.

Semangat ya Bapak Ibu !!!