SMASA Siap UBK 2017 !!!

Simulasi

SMASA Siap UBK !!! SMA Negeri 1 Pasuruan yang awalnya merencanakan UBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) pada tahun 2017 tetapi rencana tersebut diundur ke tahun 2018 karena keterbatasan sarana. Tim teknis yang terdiri dari Proktor dan teknisi yang sudah terbentuk akhirnya dibubarkan. Tetapi awal 2017 Dinas Pendidikan Jawa Timur mencanangkan untuk menyelenggarakan UBK 100%.
Hal ini cukup memusingkan karena harus memenuhi target tersebut dalam waktu yang sangat singkat. Dengan keterbatasan sarana dan waktu, awalnya UBK direncanakan dengan menumpang di sekolah lain yang lebih lengkap sarananya. Tetapi dengan pertimbangan bahwa efek psikologis siswa akan terganggu jika harus melaksanakan UBK secara menumpang maka diputuskan untuk melaksanakan UBK mandiri. Segala upaya akan diperjuangkan agar rencana tersbut berhasil. Padahal waktu yang tersisa hanya satu bulan dari pelaksanaan simulasi ke 2. Simulasi ke 1 terpaksa tidak bisa diikuti karena sudah dijalankan bulan November 2016. Tim teknis yang terdiri dari Proktor dan teknisi pun dibentuk kembali. Sarana seperti server, jaringan dan klien harus diadaka secepat mungkin. Kekurangan klien bisa ditutupi dari pinjaman laptop siswa.
Berkat kerja keras tim teknis dan dukungan berbagai pihak terutama dukungan yang besar Bapak Kepala Sekolah yang baru beberapa minggu menjabat, akhirnya Simulasi UBK ke 2 & Ke 3 yang diadakan bulan Februari & Maret 2017 dapat dilaksanakan dengan lancar. Mudah-mudahan kelancaran pelaksanaan simulasi UBK ini akan berlanjut sampai pelaksanaan UBK yang akan diadakan bulan April 2017. Tetap Semangat !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *