Peringatan Hari Pahlawan 2015

pahlawan1
Pada Hari Selasa tanggal 10 November 2015, Smasa kembali mengadakan upacara bendera guna memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada setiap tanggal 10 November. Upacara kali ini dipimpin oleh Pembina upacara yang diwakili salah seorang guru Smasa yaitu Ibu Iyut Meinarni, ST. Pada pidatonya beliau menyampaikan betapa pentingnya kita sebagai penerus bangsa untuk selalu mengingat hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia ini.Beliau mengajak kita untuk menengok kembali sejarah perjuangan para pahlawan kita.

Seperti yang kita ketahui bahwa kemerdekaan bangsa kita tidak didapat dari hasil pemberian melainkan perjuangan. Apakah kalian masih mengingat berapa lama kita hidup dibawah tekanan penjajahan Jepang dan Belanda? Itu saja sudah cukup mengingatkan kita betapa berat penderitaan bangsa Indonesia pada zaman penjajahan dulu.

Sekarang mari kita bayangkan, dalam kurun waktu yang sangat lama jika tidak ada para pahlawan yang rela mengorbankan pikiran, tenaga, harta, serta nyawa mereka, Apakah Bangsa kita ini akan menghirup Aroma Kebebasan dan merasakan Kemerdekaan yang mutlak seperti hari ini? Mereka melawan para penjajah dengan berbagai cara, dari bergerilya hingga yang terang-terangan.

pahlawan2

Bersyukurlah kita karena hal tersebut sudah lebih dulu dilakukan oleh pemerintah kita dengan menetapkan hari ini, 10 November sebagai hari Pahlawan dan tugas kita kini adalah menjaga bangsa ini agar tidak lagi mengalami penjajahan secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, menjaga kesatuan dan persatuan serta kedaulatan bangsa kita. Dan satu pertanyaan penting dari beliau untuk kita, Setelah semua yang telah kita ketahui mengenai perjuangan para pahlawan kita, apakah yang hendaknya kita lakukan untuk meneruskan perjuangan para pahlawan kita? Jawabannya adalah minimal dengan menjadi pahlawan bagi diri kita sendiri, Misalnya, kita belajar dengan tekun, mendapatkan prestasi berarti kita sudah menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri , pahlawan untuk keluarga kita dan otomatis menjadi pahlawan untuk sekolah kita. Seandainya semua generasi muda kita mau menjadi pahlawan bagi diri mereka sendiri salah satunya dengan melakukan kegiatan yang positif, dan melaksanakan tugas dengan tanggung jawab dan iklhas, otomatis bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar dimana ini adalah salah satu impian dari para pahlawan kita. Bagaimana dengan kalian?
Marilah kita sebagai generasi penerus dan terutama sebagai warga smasa kita bersama-sama mewujudkan impian para pahlawan kita.Tak lupa pula untuk selalu menyertakan do’a untuk para pahlawan kita agar arwahnya diterima disisi-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *