SMASA sebagai Sekolah Model

slide-1

Dalam rangka percepatan peningkatan mutu pendidikan SMA, Direktorat Pembinaan SMA menyusun program pengembangan SMA Model yang menerapkan SNP dengan tujuan untuk memperluas pemerataan mutu pendidikan SMA. Sesuai SNP (Standar Nasional Pendidikan) Direktorat pembinaan SMA menetapkan 300 Sekolah Negeri/Swasta yang tersebar di 200 Kabupaten/Kota pada 34 Propinsi, Propinsi Jawa Timur 44 Sekolah termasuk SMAN 1 Pasuruan.

Dengan ditetapkannya SMAN 1 Pasuruan sebagai Sekolah Model, harus memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Melaksanakan Kurikulum 2013 secara konsisten
  2. Melaksanakan program penumbuhan budi pekerti
  3. Memenuhi atau hampir memenuhi 8 komponen SNP
  4. Memiliki program keunggulan di bidang akademik atau non akademik antara lain dalam penyelenggaraan Muatan Lokal, Kewirausahaan, Pendalaman Minat, dan Penumbuhan budi pekerti
  5. Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten
  6. Memanfaatkan secara optimal seluruh potensi sumber daya yang ada di sekolah
  7. Melibatkan semua warga sekolah, orang tua siswa dan masyarakat untuk mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan
  8. Mampu mengimbaskan program dan strategi Implementasinya ke SMA-SMA di sekitarnya

slide-2

Tak bisa dipungkiri bahwa penunjukan SMAN 1 Pasuruan sebagai sekolah model merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan karena dalam pelaksanaannya, SMA Model butuh tanggung jawab dan kekompakan bagi semua pihak baik warga sekolah, orang tua siswa, dan masyarakat. Selain itu, SMAN 1 Pasuruan turut bekerjasama dengan pakar pendidikan dari Universitas Airlangga (Dian Sri Wahyuni, SE, AK, S. Nurnaningsih, SH, CLCP, BKr, M. Saiful Bahri, S.KOM, CLCP, CHT )  dalam menjalankan salah satu programnya yaitu penumbuhan budi pekerti yang dilaksanakan pada hari sabtu 24 Oktober 2015 yang diawali dengan pembinaan peningkatan prestasi dan budi pekerti yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi dan rencana aksi pelaksanaan budi pekerti yang dihadiri oleh Kabid Dikmen Kota Pasuruan Ibu Dra. Indah Yudiani, M.Pd, Pengawas Dikmen Kota Pasuruan Bapak Drs. Mohammad Thohir, MP.d, Komite SMAN 1 Pasuruan Bapak Achmad Fauzi, M. Ag. serta seluruh dewan guru dan staf SMAN 1 Pasuruan. Semoga semua kegiatan yang dilaksanakan mendapat petunjuk, bimbingan dan kemudahan dari Allah SWT serta mendapat ridloNya. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *