Sosialisasi SKS kepada Orang Tua/Walimurid

SMA Negeri 1 Pasuruan mengadakan SosiIalisasi Program Sistem Kredit Semester (SKS) kepada Orang Tua/ Walimurid Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2019-2020.

Acara Sosialisasi ini dilaksanakan tanggal 20 Juli 2019 mulai pukul 08.30 dengan mengundang bapak Komite SMA Negeri Pasuruan yaitu Bapak Drs. Basyori Alwy, M.Pd dimana beliau dulu pernah menjabat sebagai Kepala Diknas Pendidikan Kota Pasuruan dan sekarang menjadi Pemerhati dunia Pendidikan.

Tujuan sosialisasi ini adalah agar para orang tua /Wali murid bisa mengetahui program Pendidikan yang diterapkan oleh sekolah. Agar orang tua juga ikut memantau proses belajar siswa di sekolah. Karena sistem pembelajaran di  di SMA yang sudah berbeda dengan sistem di SMP.

Orang tua/ Walimurid juga diberikan pemahaman tentang bagaimana sistem SKS tersebut dan pelaksanaannnya di sekolah.

Sekolah memaparkan bahwa dengan adanya Sistem Kredit Semester di SMA 1, maka sekolah menerapkan 3 macam program yaitu:

  1. Lulus dengan predikisi 2 tahun : program ini diperuntukkan untuk siswa yang memiliki kemampuan belajar lebih diatas rata-rata (Kelompok Belajar Cepat)
  2. Lulus dengan predikisi 3 tahun : program ini diperuntukkan untuk siswa yang memiliki kemampuan belajar standar (Kelompok Belajar Normal)
  3. Lulus dengan predikisi 4 tahun : program ini diperuntukkan untuk siswa yang memiliki kemampuan belajar yang dibawah rata-rata (Kelompok Belajar Kurang Cepat)

Diharapkan dengan adanya 3 program diatas, orang tua/ wali murid bisa memberikan support baik kepada sekolah maupun kepada putra-pitrinya terkait proses belajar.

Mereka juga diperkenalkan dengan Tim SKS Sekolah Yang terdiri dari

  1. Penanggung Jawab SKS : Drs. Basyoir, M.Pd (kepala Sekolah)
  2. Ketua Program SKS : Iyut Meinarni, ST (Waka Kurikulum)
  3. Bidang Akademik : Drs, Khoirul Affandi (Guru Fisika)
  4. Bidang Remidial : Dra. Nila Suyanti, SH, M.Pd (Guru Sosiologi)
  5. Bisang Penilaian : Sulik, S.Pd (Guru PJOK)
  6. Walikelas masing-masing kelas selaku Pembimbing Akademik (PA)
  7. BK (Bimbingan Konseling)                 : Liliek Purwaningsih, S.Pd, MM

Orang tua/ walimurid diperkenalkan dengan Tim SKS  dengan tujuan agar mereka bisa berkomunikasi lebih intens dengan pihak sekolah.