Donor Darah Wujud Kepedulian Warga Smasa Terhadap Sesama

0

Donor darah merupakan upaya yang dapat kita lakukan dalam membantu sesama yang membutuhkan transfusi darah sekaligus bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh bagi para pendonornya sehingga hal ini menjadikan kegiatan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat pada umumnya. Salah satu penerapan kegiatan kemanusiaan ini telah direalisasikan oleh PMR SMAN 1 Pasuruan yang menggelar aksi donor darah bertajuk ” Donor Darah Sukarela, Setetes Darah Menyelamatkan Jiwa” sebagai salah satu program kerja rutin yang diadakan setiap 4 bulan sekali sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan warga Smasa. Kegiatan donor darah dilakukan di ruang perpustakaan pada Rabu 29 Januari 2020 bekerjasama dengan UTD Kota Pasuruan. Kegiatan donor kali ini merupakan kegiatan kedua yang sebelumnya telah dilaksanakan pada Sabtu,7 September 2019 di perpustakaan.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh PMR Smasa ini setidaknya lebih dari 80 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Para peserta terdiri dari siswa kelas XI dan kelas XII yang telah berusia 17 tahun serta para guru dan karyawan SMAN 1 Pasuruan yang telah memenuhi persyaratan awal dari pihak panitia. Dari 83 peserta yang mendaftar hanya sekitar 50 peserta yang lolos dikarenakan tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat. Dalam aksi donor darah ini PMR Smasa berhasil mengantongi beberapa kantong darah dari golongan O, golongan A, golongan B, dan golongan AB yang dapat disumbangkan ke pihak UTD untuk memenuhi persediaan darah di UTD Kota Pasuruan.

Aksi donor darah ini diharapkan dapat diselenggarakan secara rutin oleh PMR Smasa sehingga bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan.

Share.

About Author

Comments are closed.