MOPK 2016

0

mopk-1

Salam Pramuka!

PPDB  tahun 2016 semakin meriah dengan diadakannya MPLS dan MOPK. Dewan Ambalan Arjuna-Srikandhi melaksanakan kegiatan  MOPK 2016 dengan di isi kegiatan kepramukaan selama 1 hari satu malam tepatnya pada 23-24 Juli 2016 di SMA Negeri 1 Pasuruan, MOPK (Masa Orientasi Pedidikan Kepramukaan) sendiri diadakan dengan tujuan untuk memperkenalkan pedidikan kepramukaan di kepada tamu ambalan, tamu ambalan sendiri adalah siswa-siswi tahun ajaran baru, yang baru masuk ke SMASA.

mopk-2

Pelaksanaannya dimulai dari jelajah peserta, dengan rute awalan SMA Negeri 1 Pasuruan, SMPLB, dan berakhir di Astoria. Di Astoria peserta MOPK diberi soal kepramukaan, mulai dari sandi dan morse hingga baris berbaris. Semuanya berusaha menunjukkan kekompakan dan kesolidan masing-masing gugus. Tahun ini, nama satuan gugus menggunakan nama Pewayangan seperti Karna, Puntadewa, Yudhistira, Abimanyu, dan lain-lain. Dalam pendidikan kepramukaan kita diajarkan untuk hidup mandiri, dan dalam penerapannya kegiatan MOPK 2016 mengajak siswa-siswi termasuk panitianya untuk memasak makanan yang akan mereka makan sendiri. Mulai dari menanak nasi hingga menyiapkan lauk-pauknya mereka mengerjakan sendiri dengan dibantu Kakak-kakak PK masing-masing Gugus.

mopk-3

Saat malam, panitia juga mengadakan Api Unggun. Dimana dalam pelaksanaan penyalaan api unggun menggunakan aturan adat ambalan Arjuna Srikandhi. Sepuluh orang anggot ambalan mengintari api unggun dengan berlari-lari kecil, berhenti berlari, dan maju satu-satu untuk membacakan sila-sila Dasadharma Pramuka. Setelah api unggun menyala PENSI-pun dimulai. Dalam kegiatan PENSI ini tamu ambalan benar-benar kreatif. Setiap gugus menunjukkan performa mereka dengan penampilan dan ide-ide yang berbeda. Mulai dari menyanyi, membaca puisi, hingga fashion show. Emangat dan kebersamaan tamu ambalan benar-benar terasa, maju terus Pramuka SMASA! Arjuna-Srikandhi!

Share.

About Author

Leave A Reply