Telp/Fax : 0343-421466 sman1kotapasuruan@gmail.com

RELA NIBRASUL ‘ILMI SMAN 1 PASURUAN

          Remaja Musholla (RELA) merupakan organisasi keagamaan islam di SMAN 1 Pasuruan. Pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023 lalu RELA berhasil menyelenggarakan kegiatan lomba tingkat Kota/Kabupaten Pasuruan. RELA NI SMAN 1 Pasuruan berkolaborasi dengan Kementrian Agama Kota Pasuruan dalam menyelenggarakan acara yang bergengsi tersebut. Kegiatan tersebut bernama FERANI (Festival Remaja Musholla Nibrasul ‘Ilmi) 2.0. Kegiatan tersebut merupakan musim kedua dari kegiatan FERANI yang diselenggarakan RELA tahun 2022. Pada Ferani 2.0 2023, RELA NI SMAN Pasuruan bersama KEMENAG Kota Pasuruan menyelenggarakan 4 bidang lomba, yaitu: Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), DA’I, Kaligrafi, dan Cerdas Cermat.

RELA NIBRASUL ‘ILMI membuka dua gelombang pendaftaran FERANI 2.0 2023. Gelombang pertama dibukai mulai 16 September hingga 3 Oktober 2023, dan gelombang kedua tanggal 4 Oktober hinggan 10 Oktober 2023. Susunan acara dimulai dengan Technical Meeting yang diselenggarakan pada tanggal 14 Oktober 2023 di Aula SMAN 1 Pasuruan. Technical Meetimng dihadiri oleh peserta SMP/MTs beserta guru guru pendamping dan dewan juri FERANI 2023. Kemudian acara inti 4 lomba dilangsungkan bersamaan pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023. Pada FERANI 2.0 2023 jumlah peserta mengalami peningkatan. Total keseluruhan jumlah peserta sebanyak 62 peserta dari 19 SMP/MTs se-Kota/Kabupaten Pasuruan, dengan rincian 23 peserta lomba kaligrafi, 12 peserta lomba da’i, 9 peserta lomba MTQ, dan 18 peserta lomba cerdas cermat.

Pada acara inti tanggal 21 Oktober, susunan acara dimulai dengan pembukaan MC, dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana Ismiasy Dewi Wulandari, sambutan Kepala Sekolah Bapak Drs. Gathot Suyono, dan sambutan oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kementrian Agama Kota Pasuruan H. Moh. Ismail, S.Ag.M.Pd.I. Kemudian selanjutnya adalah rangkaian acara inti yaitu Lomba Da’I yang diselenggarakan di Aula SMAN 1 Pasuruan, Lomba Kaligrafi yang dielenggarakan di kelas XI-7, Lomba Cerdas Cermat yang diselenggarakan di Lab. Komputer 3, dan terakhir Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) yang diselenggarakan di Musholla SMAN 1 Pasuruan.

 

Setelah seluruh rangkaian lomba selesai, diumumkanlah juara dari masing-masing kategori lomba dan juara umum dari sekolah yang terbanyak meraih kemenangan. Adapun lomba kaligrafi dimenangkan oleh Lailatul Fitriyah dari SMAN 1 Kejayan (Juara 1), Auly Mursyidin Ni’mah dari dari SMPN 1 Gondangwetan (Juara 2), dan Hayya Husna K dari MTsN 1 Pasuruan (Juara 3). Lomba da’I dimenangkan oleh Malikah Adilah dari SMPN 2 Kraton (Juara 1), Ali Akbar Nahrawi dari SMPN Al-Ma’hadul Islami (Juara 2), dan Viola Sari Ardianti dari SMPN 1 Gondang Wetan (Juara 3). Selanjutnya lomba MTQ dimenangkan oleh Zuhry Karim dari MTsN 1 Pasuruan (JUara 1), Zahrina Zahwa dari SMPN 1 Gomndang Wetan (Juara 2), dan Robi’atuz Zahro dari SMPN 2 Pasuruan (Juara 3). Sedangkan untuk lomba cerdas cermat, juara 1 diraih oleh SMP Bayt Al-Hikmah, juara 2 diraih oleh SMP Sunan Bonang, dan juara 3 diraih oleh SMPN 2 Kraton. Terakhir, sekolah yang mendapatkan predikat juara umum adalah SMPN 1 Gondang Wetan karena telah menjuarai 3 bidang lomba sekaligus.