Telp/Fax : 0343-421466 sman1kotapasuruan@gmail.com
Peringatan Maulid Nabi Muhammad di SMAN 1 Pasuruan yang diselenggarakan Rabu, 04 Oktober 2023 di lapangan sekolah ini berlangsung khidmat. Pada acara ini, mengangkat tema “Youth With Morals Of Prophet Muhammad SAW” untuk tetap menjunjung tinggi nilai agama ditengah kehidupan anak muda yang perlu mengedepankan moral sesuai dengan ajaran agama Islam.
Acara ini dibuka dengan sholawat yang diiringi dengan alunan rebana dari Remaja Musholla SMAN 1 Kota Pasuruan yaitu “Nibrasul Ilmi”.

Selain itu, ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pasuruan, H. Muhammad Nailurrochman, S. IP atau Gus Amak merupakan pemberi kajian pada acara ini. Pada kajiannya dikatakan bahwa memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan suatu keutamaan karena Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu nabi yang memiliki mukjizat yang ‘spesial’ dibandingkan dengan nabi dan rasul lainnya, yaitu :
1. Al-quran, merupakan mukjizat yang tidak akan menghilang atau lekang oleh waktu. Al-quran digaransi oleh Allah SWT bahwa isinya tidak akan bisa diubah.
2. Sholat, Nabi Muhammad SAW diberikan perintah sholat tidak melalui wahyu tapi langsung bertemu dg Allah SWT.
Setelah kajian diberikan, dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada pemenang Musyabaqah Syahril Quran (MSQ) dan lomba kaligrafi.
Rangkaian acara Maulid Nabi ini akhirnya ditutup dengan do’a bersama dipimpin oleh H. Muhammad Nailurrochman, S. IP.